Anggrek (Ekor Tupai) Depan Rumah

Pertengahan bulan Januari 2016 saya mendapatkan kesempatan cuti ke-2 dari projek yang saya ikuti di Banggai, Sulawesi Tengah. Semenjak akhir 2014 hampir rutin setiap 2 bulan sekali pulang ke rumah. Waktu untuk cuti biasanya sudah terbagi kemana-mana jadi durasi ‘singgah’ di rumah memang biasanya tidak lebih dari seminggu.

Ada hal yang tampak tidak biasa di halaman rumah pada waktu singgah yang singkat ini. Pohon mangga yang sehari-hari berhiaskan beberapa kuntum bunga anggrek berwarna merah, kini mendapatkan hiasan baru. Tiga ‘tandan’ bunga anggrek ekor tupai.

Pohon mangga ini memang sudah mulai ditempeli tanaman anggrek semenjak saya masih SMP, sekira tahun 2006/2007. Tanaman hasil meminta ‘paksa’ dari kawan SMP. Setidaknya ada 3 jenis atau spesies anggrek yang dipelihara ini. Namun, tidak diselidiki lebih lanjut nama umum maupun nama ilmiah masing-masing. Warna kelopaknya, yang besar merah-ungu dan merah muda, sementara yang kecil putih kemerahmudaan. Dua yang pertama berbunga hampir sepanjang musim, sementara yang terakhir hanya memekarkan bunga sekali dalam setahun.

Kali ini adalah kali ketiga bunga anggrek ‘bajing’ -demikian nama yang disebut untuk bunga ini oleh ibu saya, berbunga. Bunga anggrek dengan kelopak berwarna putih salju dan bertitik-titik merah muda ini memang berukuran kecil dan ‘bertandan’ mirip ekor tupai. Itulah mengapa bunga ini disebut bungai ekor tupai (bajing dalam Bahasa Jawa). Saya sendiri baru mengetahui nama resmi bunga ini – termasuk nama Indonesia, Inggris (Foxtail Orchid) dan nama ilmiahnya (Rhyncostylis retusa), setelah baru-baru ini berselancar memanfaatkan Google Image Search untuk berburu informasi. Hal ini tentu karena masih belum punya banyangan tentang nama jenis anggrek tersebut.

Pembungaan pertama hanya ada satu tandan, waktu yang kedua berbunga dua tandan. Seperti berurut, kali ini berbunga tiga tandan. Berikut beberapa penampakan anggrek ekor tupai yang sudah diabadikan.

This slideshow requires JavaScript.

Sementara, berikut dua jenis anggrek yang ‘biasa’ itu.

anggrek11anggrek12

Untuk informasi lebih detail tentang anggrek ekor tupai ini dapat dilihat di situs ini atau gambaran ringkas dari Wikipedia.

 

Advertisements

2 thoughts on “Anggrek (Ekor Tupai) Depan Rumah

  1. Pingback: Cara Menanam dan Merawat Anggrek Ekor Tupai

  2. Selamat siang mas Sardenianto,

    Mohon maaf dan mohon ijin penggunaan gambar anggrek di blog ini untuk artikel di blog saya. Saya berikan sumber dan link aktif ke halaman ini. Terimakasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s